Statis dan Dinamis dalam Website
Website adalah salah satu fasilitas di internet yang merupakan kumpulan dokumen-dokumen multimedia yang saling terhubung satu sama lain dengan menggunakan protokol HTTP yang aksesnya menggunakan “browser”. Browser merupakan software untuk menampilkan halaman-halaman web dalam format HTML. Contoh browser/ web browser diantaranya adalah: internet explorer, mozilla firefox, opera, safari.
Dalam pembagiannya dikenal ada dua jenis website,yaitu website statis dan website dinamis. Jika dilihat dari namanya, pembagian dua jenis website ini secara garis besar dilihat dari keaktifan dalam menginput atau mengupdate data. Di bawah ini akan dijelaskan beberapa indikator pembeda antar website statis dan website dinamis:
• Sifat Keinteraktifannya
Pada web statis tidak ada interaksi antara pengunjung (user) dengan pemilik web karena website statis mengkomunikasikan webnya secara satu arah. Sementara dalam web dinamis terdapat interaksi antara pengunjung dengan pemilik web seperti memberikan komentar, transaksi online, forum dll
• Penggunaan Script Language (Bahasa Skrip)
Pada web statis digunakan bahasa HTML.Biasanya website statis ini disusun dari html polos yang antar halamannya dihubungkan dengan hyperlink di tanpa pemrograman disisi server karena tujuannya adalah ’sebatas’ menampilkan informasi di internet. Sedangkan pada web dinamis menggunakan bahasa pemrograman web seperti PHP atau ASP yang memang lebih rumit.
• Penggunaan database
Pada Web statis tidak menggunakan database karena tidak ada data yang perlu disimpan dan diproses. Sedangkan pada web dinamis menggunakan database seperti mysql, oracle, dll untuk menyimpan dan memproses data
• Content
Content dalam web statis hanya diberikan oleh pemilik web dan jarang di update dalam waktu yang sangat lama biasanya web statis menekankan pada tampilan grafisnya yang indah dan bagus, sementara content dalam web dinamis karena sifatnya interaktif jadi penginputan data bisa dilakukan oleh pengunjung website dan lebih sering di update.
Website statis biasanya ditemukan pada website company profile, personal profile, website penawaran produk, dan semua website yang bertujuan melakukan komunikasi satu arah dari pemilik website ke pengunjung tanpa diperlukan interaksi. Proses pembuatan web statis biasanya perancangan dan pembuatannya dilakukan secara offline dan apabila situs tersebut dianggap sudah siap untuk dipublish, web tersebut kemudian diupload kedalam sebuah server, dan server tersebut hanya bertugas menyimpan halaman web yang telah selesai dibuat tadi
Website dinamis ini sering kali kita temukan di internet dewasa ini: Web Portal (berita) , blog, situs social networking, dan lain-lain. Proses pembuatan web dinamis biasanya dilakukan dengan 2 tahap, yaitu tahap yang pertama adalah pembuatan layout dan design websitenya kemudian grafis dan layout tersebut di upload dan disimpan didalam sebuah server, sedangkan tahap kedua adalah pada pemrograman websitenya dan pembuatan kerangka kerja dari website tersebut.
Tentunya dapat langsung kita lihat bahwa pemasaran yang dilakukan via internet efektif dilakukan lewat website dinamis yang memang inputannya bersifat interaktif dan komunikasi yang terjadi bersifat dua arah. Selain itu dalam Web Dinamis dikenal istilah SEO friendly dan Interface Interactive;
SEO friendly
Situs Web dinamis membantu dalam membuat SEO lebih efektif karena administrator situs mendapatkan peningkatan kontrol atas penempatan konten pada website. Situs Web dinamis membantu dalam membuat SEO lebih efektif karena administrator situs Peningkatan mendapatkan kontrol atas Penempatan Konten pada situs web.
Interface interaktif
. Ini adalah bagian terbaik dari situs Web dinamis karena memiliki antarmuka yang interaktif tidak hanya membantu pelanggan melihat informasi yang ditampilkan, tetapi juga memungkinkan pengguna untuk mengambil informasi dari database perusahaan untuk membantu mereka mendapatkan pemahaman yang lebih baik.
Banyak perusahaan besar dan kecil dari berbagai sektor sudah mulai menyadari bahwa internet atau website menawarkan kesempatan yang lebih baik untuk memimpin generasi, branding & promosi produk. Melalui website pelanggan dapat mengakses informasi, studi lebih lanjut tentang perusahaan dan produk & membeli produk dengan satu klik. Sebuah situs web adalah sangat membantu berarti mengumpulkan informasi pelanggan berguna.
Selain itu ini juga penting untuk mengenali bahwa keputusan antara website statis atau dinamis dapat memiliki konsekuensi yang besar untuk situs Web dalam kaitannya dengan biaya, website responsif, visibilitas dan kemampuan untuk mencapai tambahan tanggung jawab yang kompleks.
Tentu saja apakah itu sebuah website statis atau dinamis, memiliki keberadaan online dengan mengembangkan dan memelihara situs web yang tepat dapat menjadi investasi yang paling efektif dalam menangkap permintaan produk yang ditargetkan, sehingga dalam pengembangan bisnis apa pun.
Referensi:
http://www.streetdirectory.com/travel_guide/136513/world_wide_web/benefits_of_static_and_dynamic_websites.html
http://www.socialmediastrategy.co.za/index.php/website-development/the-advantage-of-dynamic-websites-vs-static-websites/
0 comments:
Posting Komentar